Perbandingan OS Mobile (Symbian, Android, iOS) - Haiqal MA

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Perbandingan OS Mobile (Symbian, Android, iOS)

Share This
Berbicara tentang Ponsel itu tidak akan ada habisnya. Dulu, handphone hanya bisa untuk mengirim pesan dan melakukan panggilan saja. Namun sekarang ini, handphone sudah memiliki banyak fitur lain seperti terhubung dengan internet dan dapat menjalankan berbagai aplikasi, yang sekarang biasa disebut dengan Smartphone.

Hal ini terjadi karena adanya Sistem Operasi Mobile yang terdapat pada Smartphone atau Handphone yang kita punya. Operation System Mobile adalah suatu sistem operasi yang mengontrol sistem dan kinerja pada perangkat mobile. Sekarang ini, terdapat 2 OS terbesar yang sampai saat ini masih bersaing untuk menjadi OS terbaik, yaitu Android dan iOS. 

Tapi untuk teman-teman yang memiliki Handphone sesuai dengan perkembangan zaman, pasti pernah merasakan Handphone yang memiliki OS selain Android maupun iOS. Sebut saja handphone merk Nokia / Sony Ericsson yang memakai OS Symbian atau Blackberry yang memakai OS Blackberry.

Jadi sekarang saya akan menceritakan pengalaman saya membandingkan sistem operasi terdahulu dan sistem operasi yang masih berkembang sampai sekarang, mengenal perkembangannya dan kelebihan maupun kekurangannya dari masing-masing OS. 

1. Symbian

Symbian adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Symbian Ltd yang awalnya dimiliki oleh Nokia, Ericsson, Panasonic, Samsung, Siemens dan Sony Ericsson. Sistem operasi Symbian ini diprogram dengan menggunakan bahasa pemrograman C++.  Saat rilis perdana tahun 1997, Symbian merupakan OS yang paling terkenal untuk digunakan dalam versi mobile karena fiturnya yang banyak dan mamiliki arsitektur seperti multhithreading, multitasking dan pengamanan terhadap memori.

Teman-teman yang pernah memiliki handphone Nokia, Sony Ericsson dll pasti pernah merasakan hebatnya OS ini. Kita bisa mencoba banyak fitur yang diberikan seperti terkoneksi dengan internet, mendengarkan lagu dan radio, dan saling bertukar data menggunakan infrared ataupun bluetooth. Dengan OS ini pula kita dapat mendownload dan menginstall aplikasi dari luar handphone seperti game - game yang sangat banyak yang bisa kita coba. Saya sendiri pun saat mencoba OS ini dengan menggunakan handphone Sony Ericcson seri W (Walkman), Handphone paling mahal pada zamannya. 😂




OS Symbian ini ternyata sudah tidak dikembangkan lagi sejak 2012. Sebuah pukulan telak untuk Nokia dan merk Handphone lainnya yang membuat mereka tidak bisa eksis lagi dalam persaingan smartphone sekarang ini. Hal itu dikarenakan OS Symbian juga memiliki kekurangan dalam pengoperasiannya, seperti lebih rentan terkena Virus karena banyak aplikasi yang didapat dari tempat situs yang tidak resmi, Sering loading yang terlalu lama dalam membuka Aplikasi dan banyak aplikasi yang tidak didukung dalam OS Symbian. Walau bagaimanapun, kita harus berterima kasih untuk OS Symbian dan Handphone yang memakai OS ini karena sudah menemani masa lalu kita dengan fitur yang sangat hebat dan membuat banyak kenangan. 🙌

2. Android

Android adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk ponsel touchscreen seperti Smartphone maupun Tablet Computer. Android awalnya dikembangkan oleh Android, inc. dengan dukungan dari Google. Android adalah sistem operasi dengan sistem terbuka yang memungkinkan software dimodifikasi secara bebas dan didistribusikan oleh para pembuat perangkat dan pengembang aplikasi.

Nah, faktor-faktor itulah yang membuat Android menjadi sistem operasi smartphone yang paling banyak digunakan di dunia. Hampir semua merk smartphone pasti memakai sistem operasi Android, contohnya Samsung, Xiaomi, LG dll. Sekarang ini OS Android sudah masuk ke versi 9 ( Android Pie) yang pastinya sudah banyak fitur-fitur yang membuat smartphone kalian makin keren. 

Alasan lainnya kenapa Android menjadi OS paling banyak digunakan di dunia karena perangkat android memiliki harga yang beragam, dari yang termurah sampai termahal. Banyak smartphone di kisaran 1 juta yang memakai Android, itulah mengapa Sistem Operasi ini dipakai oleh semua kalangan masyarakat tanpa harus mengkhawatirkan spesifikasi hardware yang berbeda-beda. 

Pengguna Android pun sebenarnya tidak perlu khawatir soal Virus yang bisa didapat saat menginstall aplikasi luar, pasalnya semua aplikasi-aplikasi disediakan dalam toko resmi Android, yaitu Google Play. Semua aplikasi yang tersedia di Play Store harus sesuai dengan persyaratan kompatibilitas Google, maka kalian tidak perlu takut untuk mendownload beragam aplikasi yang tersedia disana.


Kekurangan OS Android ini adalah ketika kalian menjalankan aplikasi dengan spesifikasi OS yang jadul, maka akan menjadi lelet dan kurang responsive. Kekurangan lainnya adalah dengan OS Android dapat dikustomisasi, terkadang membuat smartphone menjadi tidak stabil dan tidak responsive, akibatnya smartphone mudah panas dan kapasitas memory yang terlalu banyak terpakai.

3. iOS

iOS adalah sistem operasi perangkat bergerak yang dikembangkan dan didistribusikan oleh Apple inc. Sistem operasi ini pertama kali diluncurkan tahun 2007 untuk iPhone dan iPod Touch dan telah dikembangkan untuk perangkat lainnya seperti iPad dan Apple TV. 

Tidak seperti Android, Apple tidak melisensikan iOS untuk diinstall diperangkat keras non-Apple. iOS ini merupakan sistem operasi terbesar kedua setelah Android. Biasanya pengguna iOS adalah teman-teman yang berasal dari masyarakat kalangan menengah keatas karena harganya yang memang cukup mahal, tak heran banyak orang yang memandang ponsel ini adalah barang mewah 😎.

Seperti kalimat "ada harga ada kualitas", kalimat tersebut sangat cocok untuk menggambarkan iOS. Walaupun harganya cukup mahal, tapi nyatanya iOS selalu bisa mengungguli Android dalam berbagai perbandingan. Dengan desain yang elegan, dan perangkatnya yang eksklusif, banyak orang yang tetap rela membeli smartphone ini walaupun harganya mahal.

Kelebihan lainnya dari iOS dibandingkan dengan Android adalah biasanya aplikasi hadir terlebih dahulu di apple store, itu membuat pengguna iOS bisa merasakan lebih cepat aplikasi-aplikasi tersebut. Kemudian sistem operasi iOS lebih stabil, tak perlu mempunyai RAM yang besar, manajemen aplikasi dari iOS sudah sangatlah bagus sehingga hampir melakukan segala macam tugas dengan lancar. Sistem operasi ini memang sangat cocok terutama untuk kalian yang suka mencoba game-game berat, aplikasi berat dan suka terhadap smartphone yang desainnya elegan dan premium.

Tapi tetap saja, semahal dan sebagus apapun suatu perangkat pasti mempunyai kelemahan, begitu juga dengan iOS ini. OS ini beserta perangkatnya mempunyai beberapa kelemahan loh teman-teman. Contohnya harga yang terlalu tinggi dan perangkatnya yang terbatas karena iOS hanya bisa digunakan di produk apple saja. Kelemahan lainnya adalah tidak adanya multitasking dan multi windows seperti Android. 





No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages