Tokoh-Tokoh paling Berpengaruh di Industri Game Dunia dan Game yang membuat mereka terkenal! - Haiqal MA

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Tokoh-Tokoh paling Berpengaruh di Industri Game Dunia dan Game yang membuat mereka terkenal!

Share This
Industri video game adalah industri yang bisa dibilang memiliki perkembangan yang luar biasa cepat. Hanya dalam waktu kurang dari 40 tahun, video game telah menjadi salah satu media hiburan utama yang dikonsumsi orang-orang dari berbagai kalangan, gender, dan usia. Tentu saja kemajuan yang luar biasa ini bisa terjadi berkat orang-orang penting yang menggerakkan industri ini.

Berikut ini tokoh-tokoh dan Game yang membuat mereka terkenal:


1. Hironobu Sakaguchi



Image result for hironobu sakaguchi

Hironobu Sakaguchi (坂口 博信, lahir di HitachiIbarakiJepang25 November 1962; umur 54 tahun) dulu menjabat Direktur Perencanaan dan Pengembangan untuk Square Co., Ltd. Ia adalah pencipta seri permainan Final Fantasy. Pada tahun 1991 ia diberi kehormatan menjabat Wakil Presiden Eksekutif dan tak lama berselang ditunjuk menjadi Presiden Square USA, Inc. Pada tahun 2001, ia mendirikan he Mistwalker, yang mulai beroperasi tiga tahun kemudian.
Image result for final fantasy
Final Fantasy XV

2. Hideo Kojima
Image result for hideo kojima
Hideo Kojima

Hideo Kojima (Kojima Hideo (小島 秀夫?)) lahir di SetagayaTokyoJepang24 Agustus 1963; umur 53 tahun) adalah seorang perancang permainan video yang bekerja untuk Konami, dan berstatus sebagai Wakil Presiden Konami Computer Entertainment Jepang. Dia sekarang mengepalai studio dari Kojima Productions. . Hideo Kojima adalah orang di balik kesuksesan seri game Metal Gear.

Image result for metal gear old
Metal Gear; old snake

3. Alexey Pajitnov


Image result for alexey pajitnov
Alexey Pajitnov

Nama Alexey Pajitnov mungkin tidak terlalu familiar di telinga banyak gamer, hal itu tidak mengejutkan karena game yang betul-betul sukses besar dari dia bisa dibilang hanya satu. Mungkin kamu bertanya-tanya, kalau memang dia hanya melahirkan satu game terkenal (atau lebih dikenal dengan istilah one-hit wonder) bagaimana dia bisa masuk ke jajaran orang paling berpengaruh di industri video game. Jawabannya mudah saja, karena satu game yang dia buat itu adalah Tetris!



Image result for tetris
Tetris
4. Shigeru Miyamoto
Image result for shigeru miyamoto
Shigeru Miyamoto
Shigeru Miyamoto adalah orang di balik kesuksesan tokoh legendaris, Mario. Beliau sering kali dianggap sebagai “Father of Modern Gaming”. Hasil karya beliau sudah menginspirasi banyak orang, bahkan developer-developer game indie papan atas yang karyanya masuk ke top 10 Games in Asia (khususnya yang bergenre platformer) mengakui bahwa Mario merupakan salah satu inspirasi utama mereka. Tidak hanya Mario, Miyamoto juga merupakan orang dibalik game seperti Donkey KongPikminThe Legend of Zelda, dan berbagai franchise milik Nintendo lainnya.
Miyamoto memulai karirnya di Nintendo sebagai salah satu artist pertama di Nintendo. Game pertama di mana Miyamoto terlibat dalam pengembangannya adalah Radar Scope, sebuah game shooter yang lumayan sukses di Jepang. Sayangnya, saat Nintendo mencoba menjual game ini di Amerika, game ini tidak terlalu laku, membuat Hiroshi Yamauchi yang merupakan pimpinan Nintendo saat itu menyuruh Miyamoto untuk membuat game baru yang akan dimasukkan ke unit arcade Radar Scope yang tidak laku.
Saat mengerjakan game pengganti ini, Miyamoto bekerja di bawah pengawasan Gunpei Yokoi. Pada awalnya beliau berniat membuat game dengan tema cinta segitiga layaknya Popeye, Bluto, dan Olive Oyl. Sayangnya Nintendo tidak berhasil mendapatkan lisensi untuk Popeyesehingga Miyamoto mengganti karakter-karakter yang ada menjadi seorang wanita, seorang tukang kayu, dan seekor gorila. Game yang terinspirasi dari film King Kong ini akhirnya dirilis dengan judul Donkey KongDonkey Kong berhasil memperoleh sukses besar dan memberikan Miyamoto kesempatan untuk bekerja di berbagai game lainnya.
Image result for mario bross
Super Mario
Sumber :


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages