1 1. Pengertian
Desain & Pemodelan Grafis.
Desain pemodelan
grafik merupakan suatu proses penciptaan suatu objek baru dengan menggunakan
software dan melalui beberapa tahapan, yakni membuat, menyimpan dan
memanipulasi model dan citra. Pada awalnya pemodelan grafik hanya terbatas pada
media cetak dua dimensi. Namun perkembangannya semakin pesat dengan merambah
kedunia multimedia (audio dan video). Desain grafik juga diterapkan
di acara hiburan televisi, mulai dari kartun, iklan sampai sinetron sudah
dilengkapi dengan computer dan tentunya pemodelan grafis untuk pembuatan game.
2 2. Pemodelan Grafis untuk Game.
Salah satu pemodelan grafis yang paling dikembangkan adalah
program game/permainan. Kita dapat dengan mudah mendapatkan game untuk
dimainkan pada computer maupun smartphone. Game adalah salah satu bentuk
hiburan yang dapat dijadikan sebagai penyegar pikiran akibat dari padatnya
aktivitas sehari-hari (Fauzia A,2014). Ada dua hal mendasar dalam pembuatan
game yaitu karakter yang bergerak dan environment (lingkungan game).
a.
Karakter yang bergerak
(Animasi).
Animasi adalah gambar
bergerak berbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang disusun secara beraturan
mengikuti aluran pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan
hitungan waktu yang terjadi. Gambar tersebut bisa berupa makhluk hidup, benda
mati maupun tulisan. Grafik dalam pembuatan karakter dari tahun ke tahun selalu
mengalami perkembangan. Grafik game terbagi 2 menurut dimensinya, yaitu dua
dimensi dan tiga dimensi.
Karakter 2D yang paling
dikenal adalah Mario Bros, kita tahu dalam permainan Mario bros, kita hanya
bisa melihat dan bermain game itu dari satu sudut pandang. Grafiknya pun biasa
saja dan jauh dari kesan nyata. Berbeda dengan karakter game 3D, dengan sudut
pandang yang banyak, kita bisa menggerakkan karakter ke segala arah. Pembuatan
animasi dalam 3D dapat digunakan bones/tulang yang layaknya manusia dapat
digerakkan. Jadi bisa dikatakan, karakter di animasi 3D hampir sama dengan
manusia layaknya.
Perbandingan model grafis 2D Games dan 3D Games |
b.
Environment (Lingkungan
Game).
Dalam game, karakter animasi
tidak sembarangan kita bisa letakkan, kita perlu adanya lingkungan game atau
latar belakang dari game tersebut. Sama seperti animasi, perkembangan model
grafis dari environment pun dibagi menjadi 2D dan 3D. Contohnya pada game Mario
Bros dalam 2D, lingkungan game dari karakter Mario itu berupa daerah yang penuh
dengan pipa, latar belakangnya pun diisi dengan awan, langit biru dan pohon. Dalam
dua dimensi, lingkungan game terkesan hanya gambar diam, lingkungan game
bergerak sesuai dengan pergerakan dari karakternya.
Environment Grafis Game 2D |
Berbeda dengan lingkungan
game 3D, daerahnya terlihat lebih hidup dengan grafik yang mendekati kehidupan
nyata. Model grafis dari environment 3D juga sangat mempertimbangkan penataan
dari item-itemnya. Walaupun karakter diam, tapi item dari environment 3D tetap bergerak
sebagaimana semestinya, seperti awan atau air hujan yang bergerak.
Environment Grafis game 3D |
3 3. Menggambar Karakter (Kostum,
Mimik & Gerak).
Pada pembahasan sebelumnya kita tahu karakter merupakan komponen
penting dalam sebuah game, pembuatan desain grafis dalam karakter pun tidak
sembarang bisa dilakukan. Entah karakter yang kita buat itu 2D atau 3D, banyak
software yang menyediakan pembuatan karakter bergerak, contohnya adalah 3D
Studio Max 2010.
3D Studio Max 2010 merupakan perpaduan antara grafis vector dengan
gambar raster sehingga objek yang dihasilkan dapat mendekati realita. Program ini
dirancang untuk dapat menghasilkan karya yang mendekati nyata dengan
menggunakan beberapa efek seperti pencahayaan, cermin, air hujan dll. Karakter
yang dibuat dengan aplikasi ini bisa ditambahkan dengan kostum, mimik dan gerak
yang sesuai keinginan developer game.
Menggambar sebuah karakter dengan kostum, mimik apalagi gerak yang
sesuai itu tidaklah mudah, perlu adanya latihan terus-menerus dan keinginan
untuk bisa membuat animasi bergerak sesuai keinginan. Video ini merupakan
tips/tutorial bagi kalian yang mungkin masih awam dalam menggambar karakter dengan
aplikasi, video ini diambil dari salah satu youtuber Indonesia yaitu Tara Arts
Network.
4 4. Menggambar Anatomi Karakter.
Dalam menggambar sebuah karakter animasi, karakter yang kita buat
tidak selamanya diam. Karakter dalam game setiap detiknya atau saat kita
menggerakannya pasti pose/kondisi dari karakter tersebut juga bergerak dan
berbeda-beda. Misalnya dalam kondisi perang, anatomi karakter tersebut terbagi
dalam bagian-bagian, misalnya kepala dan mimik wajah menghadap musuh, tangan memegang
pedang dan kaki terbuka seakan siap bertarung. Dalam memvisualisasikan anatomi
setiap bagian tubuh dari karakter itu bisa dibuat dalam berbagai aplikasi, baik
dalam model 2D maupun 3D.
Tentunya dalam memvisualisasikan karakter animasi dengan anatomi
dan kondisi yang sesuai, kita harus bisa dalam menggambarnya. Video dibawah ini
merupakan lanjutan dari video selanjutnya yaitu tips/tutorial bagi kalian untuk
menggambar pose anatomi.
5 5. Menggabungkan karakter dan
environment beserta animasi.
Sama dengan pembahasan sebelumnya, kita sepakat bahwa dalam game
terdapat 2 komponen penting yaitu karakter dan environment. Pemilihan karakter
dan environment yang sesuai membuat game terlihat nyata dan masuk akal. Dalam menggabungkan
2 komponen tersebut dengan bantuan software seperti yang dijelaskan diatas,
membuat sebuah game menjadi berkualitas.
Setelah kita membuat karakter animasi bergerak dengan pose anatomi
yang sesuai dan dilengkapi dengan environment yang sesuai pula, kita bisa
namakan itu sebuah game. Misalnya terdapat karakter tentara yang sedang
memegang pistol, tentunya environment/lingkungan game yang tepat adalah berada
di medan perang, dengan item asap tebal, api terbakar dan efek sepeti peluru
yang ditembakkan, suara ledakan itu yang membuat game sama dengan kehidupan
nyata.
Daftar Pustaka
- Wahana Komputer, 3D Studio Max 2010 Untuk Pemodelan 3 Dimensi Profesional, C.V Andi Offset, Yogyakarta, 2010.
- https://www.ranggahamdan.com/2017/01/08/pemodelan-grafis-untuk-game/ diakses pada tanggal 20 September 2017 pada jam 21.55
- http://www.mandalamaya.com/pengertian-game-menurut-para-ahli/ diakses pada tanggal 20 September 2017 pada jam 21.58
- https://ibrahimrisyad45.wordpress.com/2017/01/11/pemodelan-grafis-untuk-game/ diakses pada tanggal 20 September 2017 pada jam 21.59
- https://www.youtube.com/channel/UCKl0lSAwg7B50fuvyi9li3Q diakses pada tanggal 20 September 2017 pada jam 22.00
No comments:
Post a Comment