Perkembangan Teknologi Game - Haiqal MA

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Perkembangan Teknologi Game

Share This
Berbicara tentang perkembangan teknologi saat ini tidak melulu tentang perdebatan mana yang terbaik antara IOS dengan Android, atau AMD dengan Intel dalam menciptakan Prosessor, ataupun Facebook, Twitter maupun Instagram dalam persaingan media sosial. Kemajuan teknologi juga berpengaruh terhadap perkembangan Game. Game yang awalnya memiliki grafik yang sederhana dan hanya bisa dimainkan offline, berkat perkembangan teknologi akhirnya game memiliki grafik mirip dunia nyata dan dapat dimainkan secara online.

Game yang disajikan dan dapat dimainkan untuk semua kalangan ternyata memiliki perkembangan yang sangat panjang, terdapat beberapa generasi dalam perkembangan game, antara lain:
  1. Teknologi Game Generasi Pertama (1952-1975)
Generasi pertama game diciptakan oleh A.S Douglas, Ia menciptakan permainan grafis pertama, versi Tic-Tac-Toe, game tersebut diprogram pada komputer "EDSAC vaccuum-tube"

Tic-Tac-Toe versi A.S Douglas
kemudian pada tahun 1958, William Higinbotham mendesain video game "Tennis for Two", Steve Russell mendesain "Spacewar!" di mainframe komputer PDP-1 pada tahun 1961, kemudian pada tahun 1972, Magnavox' Odyssey yang didesain oleh Ralph Baer, menjadi game console pertama. Nolan Bushnell dan Ted Dabney membuat Atari. Mereka menyewa program Al Alcorn, yang proyek pertamanya adalah mendesain game arcade "Pong".
 Game Pong di konsol Atari
           2. Teknologi Game Generasi  Kedua (1976-1983)

Pada tahun 1976, Fairchild mencoba menghidupkan kembali dunia video game dengan menciptakan VES (Video Entertainment System). VES adalah konsol pertama yang menggunakan media cartridge. Kemudian pada tahun 1978, Magnavox meluncurkan Odyssey 2  dan Atari memproduksi konsol legendaris, yaitu Ataru 2600. Pada generasi kedua ini, konsol game kurang dinikmati dan orang lebih memilih PC daripada konsol game karena PC juga lebih produktif untuk bekerja.
Atari 2600

            3. Teknologi Game Generasi Ketiga (1983-1986)

Pada generasi inilah, dunia digemparkan oleh perkembangan dunia game. Pada tahun 1983, Perusahaan bernama Famicom (Jepang) menciptakan gebrakan baru, sebuah konsol bernama Nintendo Entertainment System (NES). konsol ini menampilkan gambar dan animasi resolusi tinggi. Famicom memperluas pemasarannya juga ke Amerika, sehingga NES sangat dikenal diseluruh dunia. Akhirnya, muncul sebuah game legendaris, Super Mario, yang sangat fenomenal dan bahkan masih dimainkan sampai sekarang.

Super Mario, 1983

           4. Teknologi Game Generasi Keempat (1988-1993)

dengan NES yang laris diseluruh dunia, sebuah perusahaan bernama Sega mencoba menyaingi Nintendo. Sega merilis konsol mereka bernama Sega Mega Drive dengan gambar yang lebih tajam dan animasi yang lebih halus dibanding NES. Tak ingin kalah, pada tahun 1990, Nintendo kembali menggebrak dengan konsol next-gen mereka, SNES (Super Nintendo Entertainment System). Rivalitas yang legendaris antara Super NES dan Super Mario sebagai ikonnya melawan SEGA Mega Drive dan Sonic the Hedgehog sebagai ikonnya.
Mario Bros vs Sonic the Hedgehog

            5. Teknologi Game Generasi Kelima (1994-1999)

Pada generasi kelima inilah muncul konsol legendaris dan terlaris sepanjang masa, yaitu Playstation yang dirilis oleh Sony. Konsol basis CD asal Jepang ini segera mendapat sambutan hangan, dan hingga saat ini, Playstation sudah terjual ratusan juta unit. Sega dan Nintendo tampaknya menyadari ketertinggalan mereka dari Sony, Sega kemudian merilis Sega Saturn dan Nintendo mengeluarkan Nintendo 64. 

Playstation One

             6. Teknologi Game Generasi Keenam (2000- )

Teknologi game generasi enam ini masih dikuasai oleh Sony. Sony semakin merajalela dengan merilis Playstation 2 yang berbasis DVD yang ukurannya lebih kecil. Xbox yang merupakan keluaran Microsoft adalah satu-satunya saingan Playstation.

Sampai saat ini Sony sudah meluncurkan Playstation 3 dan disusul Playstation 4, XBOX sudah meluncurkan Xbox 360, Xbox One dan yang terbaru Xbox One X. Nintendo pun masih tetap eksis sampai sekarang dengan terus meluncurkan game-game terbaik dengan konsol andalannya, yaitu Nintendo DS, Nintendo 3DS dan yang terbaru Nintendo Switch. 

Selain menggunakan konsol next-gen, PC atau Laptop juga masih menjadi pilihan bagi para gamers. Apalagi dengan perkembangan teknologi seperti ini, terdapat banyak PC atau Laptop yang dibuat khusus Gaming, seperti Alienware, ASUS ROG dan MSI. Game pun sekarang bisa dimainkan di HP yang bisa di download di Playstore maupun App Store.

Nintendo Switch
Sumber:

1 comment:

  1. agen sabung ayam s128 dan sv388 terpercaya indonesia
    informasi jadwal adu ayam jago bangkok filipina setiap hari
    Untuk Info, Bisa Hubungi Customer Service Kami ( SIAP MELAYANI 24 JAM ) :
    Telegram : +62812-2222-995 / https://t.me/bolavita
    Wechat : Bolavita
    WA : +62812-2222-995
    Line : cs_bolavita

    ReplyDelete

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages