A Framework For Web Science (Kel 1) - Haiqal MA

Post Top Ad

Responsive Ads Here

A Framework For Web Science (Kel 1)

Share This
1. Pendahuluan

World wide web merupakan sebuah teknologi yang berkembang secara pesat dan pengaruhnya sangat luar biasa dan sudah dirasakan oleh masyarakat dunia. Dari world wide web itu kita bisa mendapatkan informasi dari ilmu ekonomi, perdagangan, hiburan, politik dll. Web membuat informasi didapat lebih efektif dalam penggunaannya. Kemudian tujuan dari Web Science adalah untuk memetakan bagaimana sebuah informasi dapat melayani, persyaratan ilmuah dan persyaratan komunikasi yang menghasilkan desain dan prinsip yang mengatur hubungan struktur tersebut.
Dalam ilmu web, mengembangkan sebuah web harus melibatkan beberapa faktor, contoh keputusan arsitektur dasar yang mendukung web seperti jika web itu error, akan muncul notifikasi 404 error yang artinya kita gagal dalam mengakses web tersebut. Nilai web tergantung dari penggunaan di masyarakat dan kemampuannya menyediakan kebutuhan komunikasi tanpa merusak bentuk informasinya.
2. Web dan Ilmu-nya

2.1 Arsitektur Web.
Arsitektur web merupakan sebuah cara terhadap sebuah desain dan perencanaan sebuah web. Pada desain tergantung utilitas dan efisiensi interaksi dasar dari web. Intinya sebelum kita membuat sebuah web, kita harus membuat rancangan dari web tersebut, bagaimana desain dari halaman websitenya, Penggunaan protokolnya, supaya web dapat mempunyai konsep yang jelas.
Bagian-bagian dari Arsitektur web misalnya HTTP, jika kita menggunakan HTTP, maka URI HTTP dapat dimiliki dan disalurkan oleh orang atau organisasi, dan karenanya dapat dialokasikan ke penanggung jawabnya. misal HTTP URI dialokasikan untuk pemilik tunggal saja. Dengan adanya web kita bisa berkomunikasi dengan cara melakukan pengiriman pesan berupa data untuk mengaksesnya melalu URI.
Tujuan penting dari web science adalah untuk mengenali aspek penting dari Identifikasi, Interaksi dan Representasi yang membuat web bekerja dan mengijinkan implementasi dari sistem. ketiga itu adalah prinsip dari Web dan tentunya fungsi tersebut harus dipisahkan. Jadi web harus mengidentifikasi terlebih dahulu, mencari dan mencatat data dan informasi, kemudian harus di Interaksikan atau diberi suatu tindakan kemudian dipresentasikan data tersebut sehingga menghasilkan sebuah konsep untuk disampaikan/berbentuk informasi.

2.2 Ilmu Web : Metodologi.
web science adalah sebuah ilmu, maka harus ada metode bagaimana bisa dikatakan sebuah web science. Contoh metodologi adalah metodologi pemetaan (mapping) dengan menentukan propery yang model dan sampel dari web harus miliki.  Model lain adalah metodologi model analisis yang mengkombinasikan data empiris yang digunakan untuk melakukan determinasi probabilitas. Metodologi pada Web Science akan dipengaruhi oleh perekayasaan yang berlatar belakang industri maupun peneliti akademisi. Metode lainnya seperti mengembangkan peer to peer sistem dan mengamati operasi web dengan skala yang lebih besar. hal ini penting untuk mengimplementasi sistem interaksi dan memainkan peranan penting.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages