Di dalam prinsip Usability terdapat hal-hal yang harus
diperhatikan diantaranya, kecuali : Short
Term Memory (STM)
Dalam proses penyelesaian
masalah, manusia berusaha untuk mengadaptasikan informasi yang dimiliki dengan
situasi yang dihadapi. Terdapat beberapa teori penyelesaian masalah yang umum
digunakan oleh manusia seperti berikut ini, kecuali : Skill Acquisition
Salah satu tipe interaksi
yang umum dipakai dan menggunakan serangkaian pertanyaan yang sebagian besar
berupa yes/no question, multiple choice
atau codes, serta prosesnya dituntun
langkah demi langkah : Q/A & query dialogue
Dari daftar berikut ini,
yang bukan merupakan positioning dan pointing device adalah : Liquid
Crystal Display
Berikut ini adalah
prinsip yang mendukung pendayagunaan, kecuali : Availability
Salah satu prinsip yang
mempengaruhi robustness, yang
berhubungan dengan bagaimana user mengetahui / menyadari laju komunikasi dengan
sistem adalah : Responsiveness
Paradigma berupa
penggunaan beberapa saluran (Multiple
Channel) komunikasi pada manusia seperti visual (mata), haptic (peraba) dan audio (telinga)
adalah : Multi-modality
Berikut ini adalah
presentasi model kognitif dalam pembuatan model user, kecuali : Model generatif
Format “if kondisi then
aksi” adalah bentuk dari model hirarki goal dan tugas : Cognitive Complexity Theory
Model user yang mendekomposisi
fase eksekusi menjadi operator motor-fisik, operator mental dan operator
response adalah : Keystroke level model
Model yang memiliki
kontribusi pada proses desain disebut : Generatif
Sintaksis adalah
tingkatan bahasa komputer yang berupa : Urutan
serta struktur input dan output
Tingkatan bahasa komputer
yang paling rendah berupa icon pada layar dan ekuivalen dengan bunyi dan ejaan
suatu kata pada bahasa pada manusia adalah : Leksikal
Berikut ini adalah
ciri-ciri dialog terstrukur pada komputer, kecuali : Dialog terstruktur langsung menuju pada arti kata-kata pada dialog
Dialog pada komputer
berbeda dengan dialog antar manusia dalam hal : Dialog dengan komputer umumnya terstruktur dan terbatas
Salah satu notasi dialog
yang menggunakan lingkaran sebagai penggambaran kondisi (state) dari sistem dan
tanda panah sebagai transisi dari kondisi yang ada adalah : State
Transition Network (STN)
Berikut ini adalah hal
yang tergambar pada flowchart notasi dialog, kecuali : Pembacaan atau pengubahan database
Prinsip yang digunakan
dalam desain dialog dengan membagi sistem menjadi beberapa bagian disebut : Module
Model yang digunakan
untuk mengevaluasi desain yang telah ada sebelumnya disebut sebagai : Model evaluatif
Pada model hirarki tugas
dan goal GOMS (Goal Operator Method Selection), Operator adalah : Respon dari system
Konsep WYSIWYG dan konsep
yang memungkinkan user dapat mengubah keadaan internal system dengan cepat
adalah paradigma : Direct Manipulation
Conto dari Paradigma
Computer Supported Cooperative Work adalah : Email
Salah satu tipe penalaran
yang melakukan penalaran dari sebuah fakta ke aksi atau kondisi yang
mengakibatkan fakta tersebut terjadi, dimana metode ini digunakan untuk
menjelaskan peristiwa yang kita amati disebut tipe penalaran : Abduktif
WIMP Interface terdiri
atas : Windows, Icon, Menu dan Pointer
Sensor receptor yang
merespon pada penekanan adalah : Mechanoceptor
Pada Short Term Memory
untuk lebih mudah mengingat deretan angka adalah dengan membagi deretan
tersebut berdasarkan sifat tertentu kedalam kelompok digit, yang disebut : Chunk
Yang termasuk aktifitas
pada Long Term Memory adalah, kecuali : Mengirim informasi secara acak
Penalaran yang dilakukan
dengan cara melihat premis sebelumnya untuk menentukan kesimpulan yang akan
diambil adalah jenis penalaran : Deduktif
GOMS adalah singkatan
dari : Goals, Operators, Methods, Selection
Teknik pendekatan yang
digunakan dalam analisa tugas yang mendaftar semua object dan aksi yang
terlibat dalam tugas serta membangun taksonomi untuk memahami knowledge yang
dibutuhkan dalam melaksanan tugas disebut : Teknik Berbasis Pengetahuan
Keuntungan dari
pengumpulan data dengan observasi yang dilakukan di lapangan daripada di
laboratorium adalah : Dapat mengetahui
keadaan yang sebenarnya
Pada analisa tugas data
direpresentasikan dalam bentuk, kecuali : Kuesioner
Bentuk plan yang
memperbolehkan sekumpulan sub tugas dijalankan dengan urutan yang tidak tetap
dan boleh tidak dilakukan jika tidak diperlukan disebut : Discretionary
Merupakan seni hasil
karya manusia, juga merupakan penyampaian dari apa yang bisa orang lihat dan
rasakan yang mewakili mood (perasaan hati) orang tersebut, disebut : Design Grafis
Teknik penggunaan huruf,
karakter, simbol yang digunakan dalam desain grafis disebut : Typography
Dalam desain grafis yang
digunakan untuk melambangkan suatu menu / perintah yang juga kita bisa dengan
mudah mengenali perintah dengan cepat disebut : Icon
Berikut ini yang termasuk
dalam atribut warna, kecuali : Pitch
Atribut warna yang
melambangkan kesenangan, kegembiraan ditunjukan warna : Kuning
Item yang mempunyai sifat
dan keguanaan yang hampir sama atau saling berkaitan dikelompokkan di satu
tempat merupakan salah satu prinsip desain grafis disebut : Proximity
Yang tidak termasuk dalam
prinsip design graphis adalah : Multimodality
Berikut ini tidak
termasuk dalam Prototype non Computer Method adalah : Scripted Simulations
Yang tidak termasuk High
Fidelity Prototyping Tools adalah : Storyboarding
Berikut ini yang bukan
merupakan tipe-tipe errors adalah : Kesalahan
Deskripsi
Jenis help digunakan
untuk membantu user menghadapi masalah atau tidak pasti mengambil tindakan
dalam memecahkan masalah yang khusus disebut : Task Specific Help
Jenis Help yang merupakan
suatu alat bantu atau perintah yang dapat membantu memahami secara lengkap
disebut : Full Explanation Help
Berikut ini jenis
struktur pada halaman WEB kecuali : Non
Hirarki
Berikut ini merupakan
rancangan website yang buruk, kecuali : Scroll
Menurun/ Kebawah
Yang tidak termasuk
atribut penunjang dalam membangun website adalah : Icon
Pendekatan dari
visualisasi informasi terdiri dari kecuali : Email Agent
Yang dimaksud informasi
pada visualisasi informasi adalah : Item,
entity atau sesuatu yang secara fisik tidak langsung disetujui
Pada visualisasi
informasi yanng mengatur item utama menjadi parent dari item lainnya disebut : Hirarki Visual
Space filling
representation dikembangkan oleh : Shneiderman
& Johnson
Variasi dari teknik hirarki
pada visualisasi informasi adalah sebagai berikut, kecuali : Navigasi
Dibawah ini adalah
evaluasi yang dapat dilakukan dengan teknologi audio, kecuali : Variabel yang tepat
Atribut treemap terdiri
dari : Warna dan area
Dibawah ini adalah teknik
Information Visualization, kecuali : Identify
& Analisis
Dibawah ini penggunaan
audio nonspeech, kecuali : Integrasi
Audio Visual
Memperlihatkan kepada
pendengar quantitas informasi adalah penggunaan audio non speech yaitu : Sonifikasi
Penggunaan audio non
speech bagi orang yang tidak dapat melihat adalah : Navigasi
Yang
tidak termasuk pendekatan dari Penggunaan agent adalah : Aplikasi semi otonom agent
Petunjuk :
Jawaban A jika Pernyataan
1 Benar dan Pernyataan 2 Benar
Jawaban B jika Pernyataan
1 Benar dan Pernyataan 2 Salah
Jawaban C jika Pernyataan
1 Salah dan Pernyataan 2 Benar
Jawaban
D jika Pernyataan 1 Salah dan Pernyataan 2 Salah
Perhatikan Pernyataan
berikut :
1. Ergonomy
menitikberatkan pada karakteristik fisik mesin dan sistem serta bagaimana hal
tersebut mempengaruhi kinerja user.
2. Human
factor meliputi studi tentang manusia dan tingkah lakunya dengan menggunakan
mesin, alat-alat teknologi dan sistem dalam menyelesaikan tugas.
Jawaban
: A
Perhatikan pernyataan
berikut :
1. Model
human Processor yang menangani sensor dari luar disebut Perceptual System.
2. Yang
mengendalikan aksi/respon adalah Cognitive System.
Jawaban
: B
Metode yang digunakan
untuk mengukur kapasitas Short Term Memory yang dimiliki manusia adalah :
1. Berdasarkan
panjang suatu derat yang di ingat secara random.
2. Berdasarkan
kemampuan mengingat kembali item-item secara acak.
Jawaban
: C
Perhatikan pernyataan
berikut :
1. Penalaran
deduktif menarik kesimpulan secara logis dari premis yang diberikan
2. Jika
kita pernah melihat seeor anjing berwana hitam yang galak, maka kita mungkin
berkesimpulan bahwa semua anjing hitam adalah galak, hal ini merupakan contoh
dari penalaran abduktif
Jawaban
: B
Perhatikan pernyataan
berikut :
1. Proses
melupakan informasi terdiri dari 2 bentuk yaitu Decay dan Recall
2. Decay
adalah proses melupakan informasi karena informasi tersebut sudah lama berada
pada Long Term Memory sehingga lambat laun akan terlupakan.
Jawaban
: C
Perhatikan pernyataan
berikut :
1. Proses
memanggil informasi yang ada pada Long Term Memory terdiri dari 2 bentuk yaitu
Recognition dan Recall
2. Interference
adalah memanggil kembali secara langsung informasi yang ada pada Long Term
Memory
Jawaban
: D
Perhatikan Pernyataan
berikut :
1. Pada
Entitas aksi, istilah Agent untuk kondisi yang berubah akibat suatu aksi.
2. Sedangkan
istilah patient adalah orang yang melakukan aksi.
Jawaban
: D
Perhatikan Pernyataan
berikut :
1. Pada
Taksonomi Task Descriptive Hierarchy percabangan OR digunaan juka suatu Object
terdiri dari beberapa kategori.
2. Sedangkan
percabangan XOR digunakan jika object merupakan bagan dari satu atau lebih
kategori.
Jawaban
: D
Perhatikan pernyataan
berikut :
1. Warna
pink melambangkan warna maskulin.
2. Warna
feminim diasosiakan dengan warna hitam.
Jawaban
: D
Perhatikan pernyataan
berikut :
1. Interview
merupakan cara untuk mempresentasikan data pada analisis tugas.
2. List,
Matrics, Narative merupakan cara mengumpulkan data pada analisis tugas.
Jawaban : D
Jawab
A apabila pilihan jawaban 1, 2 dan 3 Benar
Jawab
B apabila pilihan jawaban 1 dan 3 Benar
Jawab
C apabila pilihan jawaban 2 dan 4 Benar
Jawab D apabila pilihan jawaban 4
Benar
Yang termasuk dalam
karakteristik Suara yaitu : Timbre,
Loudness, Pitch (A)
Berikut ini yang
merupakan sensor memory adalah : Iconic
Memory, Echoic Memory, Haptic Memory (A)
Yang termasuk kesalahan
krusial dalam perancangan interfaces adalah : Menganggap Semua user memiliki kemampuan yang sama, Menganggap semua
user memiliki kemampuan yang sama dengan perancang (C)
Indera manusia yang
memiliki peranan dalam interaksi manusia dan komputer adalah : Penglihatan, Peraba, Pendengaran (A)
Long Term Memory pada
manusia terdiri dari : Episodic,
Semantic (B)
Yang termasuk teknik
koding dalam disain grafis adalah : Minimizing,
Blinking, Reduce Clutter (A)
Kelebihan notasi dialog
dengan mengguankan flowchart adalah : Memungkinkan
disainer untuk melihat secara sekilas struktur dialog (D)
Pernyataan berikut yang
benar tentang dialog : Percakapan antara
2 kelompok atau lebih, Dalam perancangan user interface merupakan percakapan
user sistem, Dialog dengan komputer biasanya terbatas dan terstrukur. (A)
Yang termasuk metode
untuk merekam kegiatan user adalah : Paper
& Pencil, User Notebook (B)
Alasan perlunya digunakan
notasi dialog terpisah adalah : Pemisahan
elemen-elemen interface dari logika program, Membantu desainer untuk
menganalisa struktur yang diajukan. (C)
Gunadarma, Universitas Gunadarma, Semester 6, UU, Ujian Utama
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
No comments:
Post a Comment