Soal & Jawaban Grafik Komputer 2 [UAS] - Haiqal MA

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Soal & Jawaban Grafik Komputer 2 [UAS]

Share This
Realisme pada bidang ilmu komputer grafik adalah usaha untuk menampilkan subjek dalam suatu karya sebagaimana tampilan sebenarnya dalam kehidupan nyata. Kategori untuk menampilkan realisme pada bidang komputer grafik meliputi: Jawaban a, b dan c benar

Dalam realisme komputer grafik, suatu tindakan yang terjadi sebagai dua atau lebih objek yang memiliki efek satu saama lain (efek sebab-akibat) dikenal sebagai : Interaction

Salah satu teknik realisme komputer grafik yang memetakan suatu citra ke permukaan geometri untuk membuat permukaan yang detail dikenal dengan : Texture Maps

Salah satu unsur realisme komputer grafik adalah warna. Rentang warna yang dapat ditangkap secara visual oleh mata manusia berkisar antara : 400nm – 700nm

Secara umum sistem pencahayaan terbagi menjadi sistem pencahayaan alami dan buatan. Sistem pencahayaan buatan yang dihasilkan oleh sumber cahaya lain selain sumber cahaya alami diperlukan apabila posisi ruangan sulit dicapai oleh pencahayaan alami. Sistem pencahayaan buatan dapat dibedakan menjadi : Jawaban a, b dan c benar

Dalam sistem pencahayaan ruangan, apabila 90%-100% cahaya diarahkan langsung ke benda yang perlu diterangi, maka sistem itu disebut : Sistem pencahayaan langsung (Direct lighting)

Dalam sistem pencahayaan ruangan, sistem pencahayaan tidak langsung (indirect lighting) adalah : Sistem pencahayaan yang mana 90%-100% cahaya diarahkan ke langit-langit dan dinding bagian atas kemudian dipantulkan untuk menerangi seluruh ruangan.

Proses pembentukan cahaya, pantulan dan bayangan melibatkan beberapa vektor, diantaranya adalah vektor yang tegak lurus permukaan yang disebut : Vektor Normal

Sumber cahaya dimodelkan sebagai suatu titik dengan spesifikasi : Jawaban a, b dan c benar

Energi yang tercermin oleh sebagian kecil dari permukaan dari sumber cahaya dalam arah tertentu adalah sebanding dengan cosinus sudut antara arah tersebut dan permukaan normal. Pernyataan diatas merupakan bunyi dari : Hukum Lambertian

Gambar diatas menunjukan jenis pantulan : Diffuse Reflection

Proses penentuan warna dari semua pixel yang menutupi permukaan menggunakan model iluminasi, yang mana dalam proses tersebut dilakukan penentuan permukaan tampak pada setiap piksel, perhitungan normal pada permukaan dan evaluasi intensitas cahaya warna menggunakan model iluminasi dikenal dengan istilah : Bayangan/shading

Pembentukan model bayangan direct line, yang memiliki karakterisitik :
-        Pemberian tone yang sama untuk setiap polygon
-        Perhitungan jumlah cahaya mulai dari titik tunggal pada permukaan
-        Penggunaan satu normal untuk seluruh permukaan
Dikenal dengan model pembentukan bayangan : Flat Shading

Berikut ini yang bukan merupakan model pembetukan bayangan direct line adalah : Ray Tracing

Algoritma diatas menunjukkan algoritma dari : Ray Tracing

Metode Ray Tracing yang bekerja dengan cara menelusuri kembali sinar yang mengenai mata yang berasal dari sumber cahaya disebut : Backward ray tracing

Pembentukan efek-efek cahaya yang menyerupai gambaran realistis dalam kehidupan sehari-hari seperti : Soft shadow, color bleed dan ambinent occlusion, dapat dibuat dengan metode : Radiosity

Energi yang dipantulkan dengan ukuran kecil pada permukaan dari sumber cahaya berarah adalah : Sebanding dengan cosinus dari sudut antara arah cahaya dan permukaan normal

Dibawah ini yang termasuk teknik realisme adalah sebagai berikut, kecuali : Realism maps

Sudut antaea permukaan normal dengan cahaya yang datang disebut : Sudut Incidence

Besarnya sudut antara permukaan normal (n) dengan cahaya yang datang (p) akan sama dengan : cos ( n.p)

Formula untuk menghitung intensitas penyebaran pemantulan adalah : Id = Kd I (n.r)

Bila diketahui vektor permukaan normal (n) dan arah cahaya yang datang (p) maka kita dapat menentukan arah pemantulan yang ideal (r) dengan formula : r = 2 (n.p)-p

Hal yang paling penting dalam animasi adalah memberikan efek hidup pada gambar atau objek, diantaranya dengan cara menyajikan perubahan posisi gambar atau objek terhadap waktu. Hal tersebut dinamakan dengan istilah : Motion dynamics

Suatu cara untuk melakukan proses visualisasi, manipulasi dan interaksi terhadap lingkungan maya disebut : Virtual reality

Bentuk penyajian output system virtual reality adalah berupa hal-hal sebagai berikut : Jawaban a, b dan c benar

Gambar diatas menunjukkan ilustrasi dari : Painter  algorithm

Berikut ini manakah pernyataan yang tidak mendukung pernyataan hidden surface removal : Visible Surface Detection

Gambar diatas merupakan ilustrasi dari proses : Visible Surface Determination (VSD)

Operasi boolean apakah yang digunakan apabila ingin menghasilkan objek berikut : Union

Berikut ini manakah yang bukan merupakan metode yang digunakan dalam pembentukan Visible Surface Determinan : B-rep

Berikut ini merupakan beberapa perangkat yang dibutuhkan untuk membangun sistem virtual reality : Jawaban a, b dan c benar

Immersive system adalah kata lain untuk : Virtual Reality

Gambar diatas merupakan penerapan texture mapping untuk jenis : Chessboard

Gambar diatas merupakan penerapan dari : Rendering dengan bump map yang melilit silinder

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Gunadarma, Universitas Gunadarma, Semester 6, UAS, Ujian Akhir Semester
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages