Realisme pada bidang ilmu
komputer grafik adalah usaha untuk menampilkan subjek dalam suatu karya
sebagaimana tampilan sebenarnya dalam kehidupan nyata. Kategori untuk
menampilkan realisme pada bidang komputer grafik meliputi: Jawaban a, b dan c benar
Dalam realisme komputer
grafik, suatu tindakan yang terjadi sebagai dua atau lebih objek yang memiliki
efek satu saama lain (efek sebab-akibat) dikenal sebagai : Interaction
Salah satu teknik
realisme komputer grafik yang memetakan suatu citra ke permukaan geometri untuk
membuat permukaan yang detail dikenal dengan : Texture Maps
Salah satu unsur realisme
komputer grafik adalah warna. Rentang warna yang dapat ditangkap secara visual
oleh mata manusia berkisar antara : 400nm
– 700nm
Secara umum sistem pencahayaan
terbagi menjadi sistem pencahayaan alami dan buatan. Sistem pencahayaan buatan
yang dihasilkan oleh sumber cahaya lain selain sumber cahaya alami diperlukan
apabila posisi ruangan sulit dicapai oleh pencahayaan alami. Sistem pencahayaan
buatan dapat dibedakan menjadi : Jawaban
a, b dan c benar
Dalam sistem pencahayaan
ruangan, apabila 90%-100% cahaya diarahkan langsung ke benda yang perlu
diterangi, maka sistem itu disebut : Sistem
pencahayaan langsung (Direct lighting)
Dalam sistem pencahayaan
ruangan, sistem pencahayaan tidak langsung (indirect
lighting) adalah : Sistem
pencahayaan yang mana 90%-100% cahaya diarahkan ke langit-langit dan dinding
bagian atas kemudian dipantulkan untuk menerangi seluruh ruangan.
Proses pembentukan
cahaya, pantulan dan bayangan melibatkan beberapa vektor, diantaranya adalah
vektor yang tegak lurus permukaan yang disebut : Vektor Normal
Sumber cahaya dimodelkan
sebagai suatu titik dengan spesifikasi : Jawaban
a, b dan c benar
Energi yang tercermin
oleh sebagian kecil dari permukaan dari sumber cahaya dalam arah tertentu
adalah sebanding dengan cosinus sudut antara arah tersebut dan permukaan
normal. Pernyataan diatas merupakan bunyi dari : Hukum Lambertian
Gambar diatas menunjukan
jenis pantulan : Diffuse Reflection
Proses penentuan warna
dari semua pixel yang menutupi permukaan menggunakan model iluminasi, yang mana
dalam proses tersebut dilakukan penentuan permukaan tampak pada setiap piksel,
perhitungan normal pada permukaan dan evaluasi intensitas cahaya warna menggunakan
model iluminasi dikenal dengan istilah : Bayangan/shading
Pembentukan model
bayangan direct line, yang memiliki karakterisitik :
-
Pemberian tone yang sama untuk setiap
polygon
-
Perhitungan jumlah cahaya mulai dari titik
tunggal pada permukaan
-
Penggunaan satu normal untuk seluruh
permukaan
Dikenal dengan model
pembentukan bayangan : Flat Shading
Berikut ini yang bukan
merupakan model pembetukan bayangan direct line adalah : Ray Tracing
Algoritma diatas
menunjukkan algoritma dari : Ray Tracing
Metode Ray Tracing yang
bekerja dengan cara menelusuri kembali sinar yang mengenai mata yang berasal
dari sumber cahaya disebut : Backward ray tracing
Pembentukan efek-efek
cahaya yang menyerupai gambaran realistis dalam kehidupan sehari-hari seperti :
Soft shadow, color bleed dan ambinent occlusion, dapat dibuat dengan metode : Radiosity
Energi yang dipantulkan
dengan ukuran kecil pada permukaan dari sumber cahaya berarah adalah : Sebanding dengan cosinus dari sudut antara
arah cahaya dan permukaan normal
Dibawah ini yang termasuk
teknik realisme adalah sebagai berikut, kecuali : Realism maps
Sudut antaea permukaan
normal dengan cahaya yang datang disebut : Sudut
Incidence
Besarnya sudut antara
permukaan normal (n) dengan cahaya yang datang (p) akan sama dengan : cos ( n.p)
Formula untuk menghitung
intensitas penyebaran pemantulan adalah : Id
= Kd I (n.r)
Bila diketahui vektor
permukaan normal (n) dan arah cahaya yang datang (p) maka kita dapat menentukan
arah pemantulan yang ideal (r) dengan formula : r = 2 (n.p)-p
Hal yang paling penting
dalam animasi adalah memberikan efek hidup pada gambar atau objek, diantaranya
dengan cara menyajikan perubahan posisi gambar atau objek terhadap waktu. Hal
tersebut dinamakan dengan istilah : Motion dynamics
Suatu cara untuk melakukan
proses visualisasi, manipulasi dan interaksi terhadap lingkungan maya disebut :
Virtual
reality
Bentuk penyajian output
system virtual reality adalah berupa hal-hal sebagai berikut : Jawaban a, b dan c benar
Gambar diatas menunjukkan
ilustrasi dari : Painter algorithm
Berikut ini manakah
pernyataan yang tidak mendukung pernyataan hidden surface removal : Visible Surface Detection
Gambar diatas merupakan
ilustrasi dari proses : Visible Surface
Determination (VSD)
Operasi boolean apakah
yang digunakan apabila ingin menghasilkan objek berikut : Union
Berikut ini manakah yang
bukan merupakan metode yang digunakan dalam pembentukan Visible Surface
Determinan : B-rep
Berikut ini merupakan
beberapa perangkat yang dibutuhkan untuk membangun sistem virtual reality : Jawaban
a, b dan c benar
Immersive system adalah
kata lain untuk : Virtual Reality
Gambar diatas merupakan
penerapan texture mapping untuk jenis : Chessboard
Gambar diatas merupakan
penerapan dari : Rendering dengan bump
map yang melilit silinder
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Gunadarma, Universitas Gunadarma, Semester 6, UAS, Ujian Akhir Semester
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
No comments:
Post a Comment