Pada saat terjadinya
switching context maka semua status proses akan di load dan di save dari/ke : PCB
Kita mengenal
pensakelaran konteks (Switching Context). Yang menghadapi peralihan dari satu
konteks ke konteks yang lain adalah : Prosessor
Pada PCB yang menunjukkan
alamat berikutnya yang akan dieksekusi oleh proses adalah : Program Counter
Suatu sistem yang
digunakan jika sistem operasi memerlukan ketepatan waktu dari prosessor adalah
: Realtime System
Kriteria penjadwalan yang
menyatakan CPU dalam keadaan sibuk yaitu : Utilization
Pada penjadwalan pada CPU
yang disebut preemptive adalah pada saat : Proses
berpindah dari keadaan running ke ready
Proses penempatan suatu
item ke dalam lokasi pada memori tertentu disebut : Binding
Ada beberapa keuntungan
sistem paging salah satunya adalah : Alamat
fisik
Pada segmentasi ada
beberapa keuntungan juga yaitu, kecuali : Sharing
data
Jika user proses
dieksekusi dan menimbulkan page fault maka diperlukan adanya : Page
replacement
Mana yang benar dari pernyataan
dibawah ini : UNIX membedakan huruf
besar dan huruf kecil dalam file
Memori yang terletak
didalam prosesor (satuan prosesor pusat/CPU) dikenal sebagai : Register
Pada system call ada
beberapa hal yang dapat dilakuan yaitu, antara lain :
-
Mengakhiri dan membatalkan
-
Membuat dan mengakhiri proses
-
Mengambil dan eksekusi
Hal-hal diatas termasuk
kategori : Kontrol proses
Waktu untuk menunggu
sektor yang dikehendaki mencapai hulu tulis baca disebut : Waktu cari
Inti, kernel atau nukleus
adalah : Bagian sistem operasi yang
biasanya diletakkan didalam memori tetap (ROM)
VGA Card termasuk
interdace card yang merupakan penghubung antara komputer dengan : Monitor
Untuk memproteksi memori,
user dapat mengakses memori yang membatasi dengan, kecuali : Job Address
Membagi program yang
besar menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dan dapat dimuat dalam memori
utama disebut : Overlay
Pencatatan pemakaian
memori yang informasinya menyatakan adanya proses (P) atau Hole (H), lokasi
awal, dan panjang lokasi menggunakan : Linked List
Pengalokasian memori
berututan yang mengakibatkan suatu proses yang memiliki ukuran yang lebih besar
dari partisi yang disediakan, sehingga perlu dibuat overlay adalah
pengalokasian dengan : Dinamis
Pengalokasian memori yang
menyebabkan terjadinya external fragmentation adalah pengalokasian dengan : Statis ukuran tidak sama
Pengalokasian memori yang
menyebabkan terjadinya internal fragmentation adalah pengalokasian dengan : Statis ukuran sama
Pengelolaan memori utama
dengan memanfaatkan kelebihan penggunaan bilangan biner (2k ;
k=0,1,2...) adalah pengalokasian memori dengan : Sistem Buddy
Setelah terjadi
interupsi, biasanya sistem operasi dilengkapi dengan penata untuk menanggulangi
akibat interupsi itu. Yang tidak termasuk kedalam kegiatan penata interupsi
adalah : Penghentian kerja komputer
Kalau kita sekaligus
memiliki lebih dari satu pemakai komputer, maka kita dapat membuat agar para
pemakai itu dapat berkomunikasi satu dan lainnya. Salah satu cara untuk
menyampaikan berita diantara pemakai :
Sumberdaya kotak surat
Menyembunyikan
kompleksitas pemrograman hardware dari programmer atau user, menyajikan
fasilitas yang lebih mudah dan sederhana untuk menggunakan hardware. Dua hal
diatas merupakan contoh fungsi sistem operasi sebagai : Extended Machine
Sistem operasi yang
memiliki konsep berbentuk hirarki berdasar lapisan-lapisan dikenal dengan
struktur operasi : Layered System
Algoritma page
replacement yang paling sederhana, dimana posisi page yang paling lama yang
akan digantikan untuk menduduki frame paling lama jika ada suatu page yang akan
ditempatkan : FIFO
Algoritma page
replacement yang mengijinkan menyeleksi frame yang akan direplace dari sejumlah
frame adalah : Global replacement
Interrupt yang disebabkan
oleh aksi hardware dari luar sering disebut : Maskable Interrupt
Memori utama mempunyai
sifat dan kapasitas : Volatile &
Terbatas
Data yang dihasilkan oleh
pembuat data terbatas adalah satu masalah klasik yang ada pada sinkronisasi
yaitu yang dikenal sebagai : The Consumer Problem
Dukungan hardware
dibedakan dalam dua mode operasi (Operasi Dual-Mode) yaitu, kecuali : User
& manager mode
Kernel adalah bagian dari
sistem operasi yang selama sistem komputer bekerja dimuat di : Memori kerja
Untuk proses yang cukup
kecil, tabel segmen dapat diletakkan di :
Semua salah
Pada peristiwa deadlock,
kita mengenal adanya algoritma bank. Algoritma ini digunakan untuk : Menghindari Deadlock
Sistem operasi menerima
layanan permintaan pemakai. Diantara kegiatan dibawah ini yang tidak termasuk
layanan permintaan pemakai adalah : Alokasi
sumberdaya
Kumpulan prosessor yang
tidak menggunakan memory & clock bersama atau distributed system disebut
juga : Loosely Coupled System
Sistem operasi merupakan
perantara user dengan komputer, terutama antara : Program aplikasi dengan perangkat keras
Proses-proses yang ada
dimemori utama akan menunggu dieksekusi diletakkan pada suatu list yang disebut
: Ready
queue
Penjadwalan proses-proses
yang masuk dari pool dan akan diletakkan ke job queue atau job scheduler sering
disebut : Schedulling queue
Kecepatan register dengan
memori utama berbeda cukup jauh, agar CPU tidak nganggur maka sebagai perantara
CPU dengan memori digunakan bantuan : Cache
Proses pengiriman data
dari/ke cache ke/dari CPU dilakukan per : Karakter
Bila suatu proses sedang
menunggu beberapa event yang akan terjadi untuk menyelesaikan tugas maka proses
akan memiliki status : Waiting
Apakah yang dimaksud
dengan multiprogramming : Melakukan
lebih dari satu pekerjaan dalam waktu yang bersamaan
Pada pengelolaan memori
dikenal apa yang dinamakan pemuatan tumpang (alokasi overlay). Selain harus
memenuhi hubungan program-utama-sub-program tertentu, dalam pemuatan tumpang
ini besar program : Harus sama atau
lebih besar dari kapasitas memori yang disediakan
Kita mengenal sejumlah
kategori penjadwalan prosesor. Ada kategori pertama tiba dilayani. Kategori ini
termasuk : Tanpa preempsi tanpa
prioritas
Teknik penjadwalan yang
mengutamakan waktu proses/waktu sisa yang paling sedikit proses dalam prosesor
untuk dilaksanakan terlebih dahulu adalah : Preemptive Shortest Job First
Komputer digunakan untuk
melaksanakan sejumlah pekerjaan (Job). Pada umumnya dalam melaksanakan
pekerjaan, alat yang tidak harus selalu ada adalah : Modem
Prakarsa penghentian
prosesor yang berasal dari prosesor itu sendiri dengan cara bertanya kebeberapa
sumber daya dikenal dengan istilah : Polling
Untuk mencegah paut buntu
(Deadlock) pada pemakaian sumber
daya, Harvender menyusun suatu strategi. Strategi Harvender ini bersangkutan
dengan syarat paut buntu : Membentuk
Siklus
Algoritma penjadwalan
yang hanya memproses jenis penjadwalan tanpa preemsi dan tanpa prioritas adalah
: First
Come First Served
Algoritma penjadwalan
yang setiap prosesnya dibatasi waktunya dengan quantum time adalah :
Round Robin
Komunikasi proses menyediakan
2 macam operasi yaitu : Send & Receive
Thread dapat mengeksekusi
program dengan proses yang : Ringan
Pada pemetaan suku
bersegmen bersuku, isi tabel segmen pada setiap segmen menunjukkan : Alamat awal tabel suku
Proses terpendek
diutamakan termasuk kategori : Tanpa
preemsi dengan prioritas
Mengatur dan
mengefisiensikan penggunaan sumber daya komputer. Tugas utamanya : Memantau
penggunaan semua resources, mengalokasikan sumber daya, dealokasi resources.
Dua hal diatas merupakan contoh fungsi sistem operasi sebagai : Resource
Manager
Kalau kita ingin
menggunakan pencetak berkecepatan tinggi, maka kita harus memilih jenis : Line-printer
Memori fisik dibagi
menjadi blok-blok dengan ukuran tertentu disebut dengan : Paging
Skema pengaturan memori
yang mendukung user melihat memori tersebut disebut sebagai : Segmentasi
Ada 5 Strategi
pengalokasian memori untuk mencari lubang kosong (hole) yang tepat, pencarian
yang dimulai dari awal dan akan berhenti jika ditemukan lokasi terkecil pertama
yang cukup untuk menempatkan proses, yaitu : Best_fit
Pada alokasi memori
berpilah suku, kita mempunyai suku berukuran 15 alamat. Kalau suatu alamat
terletak disuku ke-5 dengan simpangan (Offset) 1, maka alamat itu adalah : 76
Pada sejumlah komputer,
penekanan pada kunci ketik menghasilkan sinyal yang kemudian disimpan didalam
memori dalam bentuk sandi ASCII. Sandi ASCII asli terdiri atas : 128 aksara
Cara pencocokan (fit)
dengan best fit akan menghasilkan : Fragmen
internal minimum
Teknik penyesuaian yang
mendahulukan pekerjaan yang mempunyai waktu proses yang tersingkat adalah : Shortest
Job First
Proses yang masuk untuk
dieksekusi ukurannya dinyatakan dengan page. Setiap page membutuhkan satu : Frame
Pada pemuatan (loading)
informasi kedalam memori, kita mengenal pemuatan tumpang (Overlay). Pemuatan
tumpang ini termasuk kedalam jenis oemuatan : Dinamik
Penyelesaian masalah
Critical Section harus memenuhi 3 syarat yaitu, kecuali : Busy Waiting
Starvation terjadi jika
ada proses yang ditambahkan atau dihapus dari list dengan suatu semaphore dalam
urutan : FIFO
Jika untuk setiap Pi,
jumlah resource yang masih diperlukan oleh Pi, dapat dicukupi oleh resource
yang ada saat itu maka keaadan dalam kondisi : Safe
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Gunadarma, Universitas Gunadarma, Semester 5, UU, Ujian Utama
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
No comments:
Post a Comment