Desain Skenario, Script dan Storyboard dalam Game - Haiqal MA

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Desain Skenario, Script dan Storyboard dalam Game

Share This
Dalam pembuatan sebuah game, tidak hanya grafik saja yang menjadi aspek penting, tapi desain skenario, script dan storyboard game juga sama pentingnya. Namun sebelum membahas ketiga aspek tersebut, kita harus tahu terlebih dahulu dari design. Design adalah perencanaan dalam pembuatan objek, sistem, komponen atau struktur.

Desain Skenario

Skenario adalah urutan cerita yang disusun oleh seseorang agar suatu peristiwa sesuai dengan yang diinginkan. Skenario game adalah langkah awal dalam membuat sebuah game, dengan skenario game dapat mempermudah kita mengerti tujuan dari game tersebut dan menyelesaikan game yang akan kita buat.


Script

Skrip (Script) adalah semacam bahasa pemrograman dalam tingkat kesulitan yang lebih rendah, tanpa aplikasi hasil kompilasi interpreter, skrip biasanya disisipkan ke dalam bahasa pemrograman yang lebih kompleks dan hasil skrip digunakan oleh bahasa pemrograman yang lebih kompleks itu. Intinya pemrograman suatu game bisa menggunakan berbagai macam jenis bahasa pemrograman, diantaranya yang terkenal adalah C++, C dan Java

Storyboard

Storyboard adalah sketsa gambar yang disusun berurutan sesuai dengan naskah, dengan storybiard kita dapat menyampaikan ide cerita kita kepada orang lain dengan lebih mudah, karena kita dapat menggiring khayalan seseorang mengikuti gambar-gambar yang tersaji, sehingga menghasilkan persepsi yang sama pada ide cerita kita.

Storyboard pada game terdapat goal/mission yang akan dibuat pada game itu sendiri. Kemudian storyboard pada game menjelaskan tentang alur permainan itu sendiri seperti apa tergantung dari jenis game. Misal game ber-genre arcade tidak memiliki alur cerita namun tersebut menitik beratkan pada perolehan point.

Implementasi 3 Aspek dalam Game Buatan Sendiri


Dalam memahami ketiga aspek tersebut, baiknya jika kita coba implementasikan langsung dengan membuat game buatan sendiri. Misal disini kita akan membuat game sederhana yang bernama "Ayo Juggling". Game ini bergenre Sport dengan tujuan mendapat sebanyak mungkin skor dari juggling bola sampai bola tersebut menyentuh tanah. Lebih jelasnya coba kita implementasikan ke 3 aspek.


1. Desain Skenario

Game "Ayo Juggling" adalah game sederhana yang bertujuan untuk mendapat skor sebanyak mungkin dari kegiatan juggling. Dalam game tersebut, akan ada satu character dan satu bola. Character tersebut akan terus menjuggling bola sampai bola tersebut jatuh ke tanah. Supaya bola tersebut tidak jatuh ketanah, terdapat 4 tombol warna warni yang akan terus turun dari atas layar kebawah layar untuk ditekan oleh player. Sama halnya seperti game "Guitar Hero" tombol-tombol tersebut akan berjalan kebawah, jika tombol tersebut sudah sampai dikotak yang khusus untuk ditekan player, maka player wajib menekan tombol tersebut supaya character dapat terus men-juggling bola.

Kita asumsikan terdapat 4 tombol warna warni, dibagi menjadi 2 wilayah, 2 di kiri layar dan 2 di kanan layar dan character yang men-juggling bola akan berada di tengah layar. Awalnya tombol akan muncul satu persatu, semakin banyak skor yang didapat semakin banyak tombol yang muncul dan speed nya pun akan terus dinaikkan. Bola akan jatuh jika player telah gagal 5 kali dalam menekan tombol, artinya player sudah 5x melewatkan tombol yang seharusnya ditekan. Tujuan dari game ini adalah untuk melatih ketetapan tangan dengan tombol yang muncul dan tentunya untuk mendapatkan skor tertinggi sebisa mungkin.

2. Script

Bahasa pemrogaman yang dibuat untuk game ini bisa beragam, dari Java, C++, Delphi bahkan Android sekalipun. Game untuk platform PC/Laptop misalnya bisa dibuat dalam penekanan keempat tombol, bisa di atur keyboard "Z" dan "X" untuk tombol di kiri dan keyboard "." dan "/" untuk tombol di kanan. Jika ingin dibuat di mobile, tombol lebih mudah ditekan karena hanya akan menekan layar saja.

3. Storyboard

Setelah membaca skenario sebelumnya, mungkin ide-ide dari game ini masih belum dimengerti maksudnya seperti apa, untuk menghasilkan persepsi yang sama, kita akan buat storyboard dari game ini.



Referensi :


  1. http://moekyuun.blogspot.co.id/2015/04/story-board-game-komputer.html
  2. https://freemanof.wordpress.com/tugas/konsep-pembuatan-scripting-pada-game/
  3. http://vanillabluse.blogspot.co.id/2016/03/penjelasan-tentang-desain-skenario.html


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages