Implementasi Komputer Grafik pada Game Grand Theft Auto San Andreas - Haiqal MA

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Implementasi Komputer Grafik pada Game Grand Theft Auto San Andreas

Share This
Game merupakan hal umum yang dimainkan hampir seluruh manusia di dunia ini. Dalam pembuatan sebuah game, terdapat banyak komponen yang membuat game tersebut dapat dimainkan, salah satunya adalah  komputer grafik. Komputer grafik biasanya berbentuk sebuah software yang berfungsi untuk membantu menciptakan objek-objek dengan realisme yang nyata.  contoh implementasi komputer grafik dalam suatu game adalah sebagai berikut.

A. Game berdasarkan Jenis atau Platform


  1. PC Games : Game yang dimainkan menggunakan Personal Computer hingga Laptop
  2. Console Games : Game yang dimainkan menggunakan konsol seperti Playstation
  3. Handheld Games : Game console khusus yang mudah dibawa seperti Nintendo
  4. Mobile Games : Game yang dimainkan di ponsel atau perangkat mobile.
B. Game berdasarkan Genre
  1. Action Games : Game jenis ini menghadirkan fitur utama berupa aksi. Pemain harus memiliki ketrampilan dan reaksi yang cepat untuk melawan musuh dan menghindari rintangan.
  2. First Person Shooter (FPS) : Game tembak-menembak dengan memainkan tokoh dengan cara pandang orang pertama. 
  3. Role Playing Game (RPG) : Game ini menghadirkan gameplay yang mengandung unsur levelling. Beberapa game RPG terbagi menjadi dua jenis yakni Action RPG dan turn based RPG.
  4. Adventure : Game jenis ini berisi tentang petualangan. Pemain bisa memainkan karakter untuk menjelajah hutan belantara atau menjelajahi sebuah bangunan.
  5. Racing Game : Game ini berisi game balapan atau kemampuan mengemudi baik motor dan mobil. 
       Lengkapnya tentang genre game bisa klik disini.

C. Realisme dalam Sebuah Game

Realisme adalah berusaha menampilkan subjek dalam suatu karya sebagaimana tampilan dalam kehidupan sehari-hari dan hampir mendekati nyata. Realisme tersebut didefinisikan, antara lain:

1. Physical Realism 
Dimana gambar tersebut memberikan stimulasi visual yang sama seperti kejadian atau bentuk aslinya.

2. Photo Realism
Dimana gambar tersebut memberikan respon visual yang sama dengan kejadian atau bentuk aslinya.

3. Functional Realism
Dimana gambar tersebut memberikan informasi visual yang sama dengan kejadian atau bentuk aslinya.

D. Sisi Pencahayaan dalam Game

Penchayaan adalah suatu aspek yang penting dalam suatu game. Cahaya akan menjelaskan bagaimana keadaan dalam suatu game tersebut dan akan menambah kesan nyata dan realistis dalam suatu game. Jenis-jenis pencahayaan antara lain:

1. Ambient Light
Pencahayaan seluruh ruang artinya total sinar yang datang dari semuah arah, untuk seluruh ruang.

2. Directional Light
Sebuah meniru cahaya directional pencahayaan yang akan didapatkan dari matahari. Lampu directional memancarkan sinar cahaya paralel dalam satu arah tetapi cahaya mencapai keluar menjadi tak terthingga.

3. Point Light
Titik lampu adalah jenis lampu yang paling ditemukan dalam perangkat lunak 3D. Sebuah cahaya titik ini sangat mirip dengan bola lampu pijar yang memancarkan cahaya ke segala arah.

4. Area Light
Lampu daerah adalah cahaya yang melemparkan sinar cahaya directional dari dalam batas yang ditetapkan, baik persegi panjang atau lingkaran. Jenis cahaya sangat cocok untuk menciptakan lampu neon atau yang berbentuk persegi.

E. Implementasi Komputer Grafik dalam Game Grand Theft Auto San Andreas


  • Nama Game : Grand Theft Auto San Andreas
  • Pengembang : Rockstar North
  • Penerbit        : Rockstar Games
  • Serial            : Grand Theft Auto
  • Penggerak     : RenderWare
  • Platform        : Playstation 2, Microsoft Windows, Xbox, Mobile
  • Tanggal Rilis : 26 Oktober 2004
  • Genre            : Action, Adventure
  • Mode            : Single Player, Multiplayer.


GTA SA adalah game yang berlatar belakang pada negara bagian fiktif yaitu San Andreas, yang mempunyai tiga kota metropolitan. Berlatar akhir tahun 1992, San Andreas berkisar pada anggota gang bernama Carl "CJ" Johnson yang kembal pulang dari Liberty City ke Los Santos setelah mengetahui kematian Ibunya. CJ menemukan bahwa teman lama dan keluarganya sedang berantakan. Melalui jalan cerita permainan, CJ perlahan membongkar plot dibalik pembunuhan ibunya selagi mengembangkan usaha bisnisnya.

kembali ke pokok permasalahan, dalam Implementasi komputer grafik tadi kita sudah menyinggung 3 hal yaitu Jenis game, Realisme dan Pencahayaan dalam game tersebut. 

A. Jenis Game

GTA SA memiliki multiple genre, yang pertama adalah Action. CJ dalam game ini akan melakukan banyak aksi untuk menyelesaikan banyak misi. Selanjutnya adalah Adventure, Game ini akan mengajak kita untuk berpetualang dari satu daerah ke daerah lain untuk menyelesaikan misi dan mengetahui jalan cerita yang ada. Genre lain dalam game ini adalah Racing game, ada halnya dalam misi CJ akan menyelesaikan misi balapan, dan juga ada genre TPS, dimana CJ akan selalu berhadapan dengan banyak musuh dan polisi dan tentunya akan menimbulkan baku tembak.

B. Realisme dalam Game

GTA SA bisa dibilang adalah game terbaik yang pernah diciptakan. Pertama kita lihat dari jalan cerita, dalam memainkan game ini seperti halnya dalam kehidupan nyata, player bisa merasakan mati, membunuh, makan, berinteraksi dengan orang lain, tentunya game ini sangat realistis dengan dunia nyata.

Dalam sisi gambar character dan environment, GTA SA juga bisa dibilang sangat realistis, baik dari gambar player character, mobil, motor, gedung dll semuanya mendekati bentuk aslinya. Setiap gerakan dari karakter juga memberikan respon visual yang sama dengan halnya kehidupan nyata.

C. Pencahayaan dalam Game

Jenis pencahayaan ada banyak jenisnya, dalam GTA SA bisa dibilang mencakup semua jenis pencahayaan yang ada. GTA SA mempunyai fitur gameplay "Open World" artinya kita tidak hanya berada dalam satu ruangan, tapi bisa berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain. Misalnya jika saat diluar ruangan pada siang hari, bagaimana sinar matahari menyinari seluruh area yang ada, atau malam hari dimana cahaya gelap dan hanya ada satu titik yaitu bulan yang memberikan sedikit cahaya. 

Begitupula saat di ruangan, cahaya lampu akan memberikan cahaya di ruangan, baik di rumah, hotel atau restaurant. Dengan pencahayaan yang sangat realistis dengan dunia nyata, dan pengambilan cahaya yang sangat bagus, bisa dibilang pengimplementasian cahaya dalam game GTA SA ini sangat baik.

Referensi :








No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages