Mengenal Software Pembuatan Game 3D Engine dan Scene Graph - Haiqal MA

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Mengenal Software Pembuatan Game 3D Engine dan Scene Graph

Share This
Bermain game adalah sesuatu yang sangat mudah dilakukan sekarang ini, tapi pernahkah kita berfikir betapa susahnya membuat sebuah game ? layaknya sebuah bangunan yang memerlukan arsitektur, begitu pula dengan game terdapat beberpa divisi dan komponen, salah satu komponen pendukungnya yaitu game engine

Pengertian Game Engine & Scene Graph

Game Engine adalah system perangkat lunak yang dirancang untuk menciptakan dan pengembangan video game. Ada banyak mesin permainan yang dirancang untuk bekerja pada konsol dan sistem operasi seperti Windows, Linux dan Mac OS. Engine bukanlah executable program, artinya engine tidak bisa dijalankan sebagai program yang berdiri sendiri. Diperlukan sebuah program utama sebagai entry point atau titik awal jalannya program. Game engine adalah program yang "memotori" jalannya suatu program game. 

Scene Graph adalah suatu komponen penting dalam pengembangan game engine. Scene graph berisi semua hal-hal tentang geometri dan grafik pada suatu game. Scene graph berguna untuk mempresentasikan translasi, rotasi dan pengaturan skala dari suatu objek dengan objek yang lain. Misalnya dalam komponen suatu objek, saat ingin memindahkan komponen tersebut dengan cara merotasikannya, dengan adanya scene graph, kita bisa memindahkan objek tersebut sesuai dengan grafik dan graph untuk memposisikannya dengan benar. Hal itu membuat perhitungan hal-hal seperti itu akan lebih mudah.

Bentuk dalam game engine banyak macamnya, yaitu sebagai berikut 
  1. OGRE 3D
OGRE (Object-Oriented Graphics Rendering Engine) adalah engine yang objek-oriented & flexible 3D rendering pada game engine yang ditulis dalam bahasa C++ serta didesain untuk mampu men-developer dengan intuitif & mudah kepada aplikasi produksi dengan menggunakan utility hardware-accelerated 3D graphics. 

Fitur-Fitur yang terdapat pada OGRE
  • Desain yang objek oriented dengan menggunakan plugin untuk mempermudah memasukkan fitur lainnya.
  • Engine berbasis scene graph dengan bantuan untuk sebuah varietas yang luas, octree, BSP, & Paging Landscape scene manager
  • OGRE mendukung program vertex dan fragment selama ditulis dengan GLSH, HLSL, Cg dan Assembler
  • Liblaries mempunyai fitur memory debugging & loading resource dan archive-nya.
  • Tersedia konten tools untuk 3D modeler, seperti 3D Studio Max, Maya, Blender dll
     2. GameMaker Studio

GameMaker Studio adalah game creation system yang dikembangkan oleh Mark Overmars dari YoYoGames menggunakan bahasa pemrograman Delphi. GameMaker memungkingkan penggunanya untuk membuat dan mengembangkan game dengan mudah tanpa perlu belahar bahasa pemrograman yang rumit dengan menggunakan interface drag dan drop-nya. Aplikasi ini memang ditujukan untuk pemula yang ingin mempunyai ide dan ingin mengembangkan idenya menjadi game tanpa dibutuhkannya pengalaman programming atau koding.

Salah satu masalah yang mungkin akan dihadapi pemula yang ingin menggunakan GameMaker ialah disaat GameMaker merupakan pintu masuk bagi pengguna tanpa pengalaman di dunia programming, interface dan penggunaan GameMaker yang sangat user-friendly bisa menjadi pedang bermata dua baginya. Memang benar hal ini bisa membantu seseorang untuk belajar koding, tapi tidak mengajarkan seorang koding itu sendiri. Membuat pengguna pemula susah untuk berpindah ke program yang lebih maju dan lebih profesional daripada GameMaker.

     3. Unity3D

Unity 3D pertama kali dirilis pada saat acara Apple's Worldwide Developers Conference di tahun 2005. Pada versi awal Unity hanya dapat digunakan di Mac Platform yaitu OS dari produk apple. Namun sekarang Unity 3D berubah menjadi software multi platform yang juga dapat dijalankan pada Windows OS dan Linux OS. Pada dasarnya 3D ini merupakan salah satu jenis game engine dan game development berbasis 3D. Akan tetapi Unity juga bisa dalam membentuk game 2D. Dengan metode asset workflow dan script yang simple dapat memudahkan user dalam mengembangkan game secara mandiri dan membuahkan hasil yang setara dengan perusahaan game developer. 

Layout Unity 3D

Referensi :


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages