Analisis Web - Haiqal MA

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Analisis Web

Share This
Pada pengantar web science (A Framework for web Science) terdapat pokok pembahasan tentang analisis web. Analisis web terbagi tiga yaitu Web topologi, struktur web dan investigasi Grafik teori. Analisis web adalah pengukuran, pengumpulan, analisis dan pelaporan data internet untuk tujuan memahami dan mengoptimalkan penggunaan web.


  1. Web Topologi.
Pada sebuah/banyak website dalam menganalisisnya, kita perlu adanya topologi, bagaimana mengatur berbagai informasi teks, gambar diam atau gerak, animasi, suara dan gabungan itu semua untuk membentuk sebuah rangkaian sistematis dan tertata yang dihubungkan jaringan halaman(hyperlink). dalam mengatur itu, kita perlu sebuah metodologi analisis web, yaitu cara yang digunakan untuk mengoptimalkan sebuah web dengan melakukan pengumpulan serta pengukuran data pada internet.


kelebihan jaringan web topologi ini adalah komputer dapat berhubungan dengan komputer lain secara bebas. Apabila ada satu saluran yang tidak digunakan saluran lain masih dapat digunakan. Kekurangannya adalah biaya yang dikeluarkan sangat mahal karena saluran komputer yang dibangun sangat sulit diterapkan.


     2. Struktur Web


Keuntungan struktur situs web yang dibuat dengan baik :



  • Dapat mengkomunikasikan pesan yang ingin disampaikan kepada pengunjung situs.
  • Pengguna situs web dapat dengan mudah memahami situs web.
  • Mudah dikembangkan pada waktu yang akan datang.
  • Dapat menurunkan biaya cost pengunjung situs.
Dalam menganalisa web, terdapat ilmu basic atau ilmu dasar yaitu teori graf. dalam graf, ada namanya path, artinya jalur antara link satu ke link lainnya. Contoh saat kita masuk ke website www.facebook.com, pertama kita pasti masuk ke halaman awal facebook, dengan struktur webnya ada Sign in, Sign Up dll. misal kita ingin sign up, pertama kita klik daftar, lalu muncul link selanjutnya, kita isi data lalu verifikasi, kemudian login dan sign in deh difacebooknya. Nah proses itu kita bisa namakan path, dengan satu link dengan link lain berbeda struktur webnya.

   3. Investigasi Grafik Teori.
  • Paradigma yang paling terkenal untuk mempelajari web adalah grafik teori.
  • Sering ditemukan struktur yang sering disebut sebagai bentuk bowtie (dasi kupu-kupu).
SCC atau (Strongly Connected Cluster) jalur protocol. link masuk jadi satu kesatuan yang kuat, link keluar terlepas dari kesatuan tersebut. 
In : link yang terhubung langsung dengan SCC tapi SCC tidak bisa balik lagi ke link tersebut.
Out : contoh (Sharing suatu berita berupa link).

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages